Total Tayangan Halaman

Rabu, 12 Oktober 2011

PAMORMU SEPEDA

Oleh:
Miftah Rahmania(Fkip Pkn 2009)
Staf Kemenristek BEM UNSRI


Sepeda kini kembali mulai naik pamor lagi,masalah energi dan kesehatan adalah salah satu faktor pendongkrak pamor sepeda.Event-event internasional pun sudah sering digelar,sehingga mendatangkan banyak sponsor dan tentu saja meningkatkan kualitas baik dari segi pemain maupun sarana dan prasarana perlombaan,seolah ingin membuktikan bahwa sepeda adalah tren hidup masa kini.
Di tinjau dari segi manfaat banyak sekali mulai dari meningkatkan kualitas system cardiovascular (yang berhubungan dengan jantung dan system peredaran darah), meningkatkan kekuatan dan fleksibelitas otot, meningkatkan mobilitas sistem persendian, menurunkan tingkat stress, membantu dalam pembentukan postur tubuh, menguatkan tulang, menurunkan tingkat kegemukan.
Selain itu dengan bersepeda berarti kita telah berhemat energi karena cadangan energi bahan bakar minyak kita sudah menipis dan tidak dapat diperbaharui lagi.Jadi alternatif jawabnya adalah dengan menngunakan alat yang sangat minim menggunakan bahan bakar bahkan tidak menggunakan bahan bakar sama sekali.Sepeda cukup menjawab pertanyaan bagaimana solusi berhemat bahan bakar.
Cadangan bahan bakar indonesia hanya secuil dari cadangan bahan bakar Amerika Serikat dan Jepang. Cadangan bahan bakar nasional hanya sekitar 20 hari. Jika dibandingkan negara maju seperti Amerika Serikat (AS) yang memiliki cadangan bahan bakar 7 bulan dan Jepang sebanyak 200 hari atau sekitar 6 bulan, maka cadangan bahan bakar Indonesia masih terbilang kurang.Ini adalah walaupun SDA kita sangatlah melimpah hal yang sungguh ironi.
Belum lagi masalah kemacetan jalan yang semakin hari semakin parah dan banyaknya dana yang dibutuhkan untuk subsidi BBM yang seandainya dana subsidi tersebut bisa di minimalisir maka dana tersebut bisa dialokasikan ke bidang pendidikan dan kesehatan guna mengoptimalkan potensi anak bangsa.Dengan berbagai macam lomba sepeda yang telah merambah dunia internasional maka sepeda adalah gaya hidup masa kini yang lebih efektif dan efisien.

1 komentar: