Total Tayangan Halaman

Selasa, 11 Oktober 2011

MENUJU KAMPUS ILMIAH


Oleh : Yudi Arista Yulanda Kementerian RISTEK BEM UNSRI

Adalah bukan rahasia lagi bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kemajuan riset dan penelitian yang baik. Universitas sebagai lembaga tinggi pendidikan mengemban amanah Tri darma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Pengabdian, dan Penelitian. Sudah seyogyanya lah Universitas menghasilkan intelektual berkualitas. Dan adalah suatu keniscayaan bahwa Bukti Intelektualitas adalah Kualitas Penelitian. Salah satu buktinya adalah syarat kelulusan diantaranya adalah Karya Ilmiah. Pun kemudian MAPRES (Mahasiswa Berprestasi) ditentukan dengan Kualitas Keilmiahan yang dibuktikan dengan Karya Tulis.
            Ironis memang ketika menilik budaya meneliti di Kampus Universitas Sriwijaya. Hanya tak lebih dari 5 % mahasiswa yang kemudian concern dengan hal ini. Padahal di kampus terluas di Asia Tenggara ini tak kurang dari 25.000 mahasiswa. Sungguh suatu keprihatinan ketika Kampus itu sepi dari aktivitas keilmiahan. Coba kita bandingkan dengan research University, ITB pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) di Universitas Brawijaya berhasil memperoleh posisi ke-2 dan UGM yang berhasil menempatkan wakil terbanyak yang lolos ke final pada kompetisi ini. Perlu kita pertanyakan dimana UNSRI ?
            Dari sana, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sriwijaya melalui Kementrian Riset dan Teknologi mencoba menumbuhkembangkan kembali budaya keilmiahan yang terkikis dengan langkah kerja nyata. Dalam rangka akselarasi kampus ilmiah ini, Kementrian RISTEK BEM UNSRI mencangkan Persatuan Gerakan Ilmiah.
            Persatuan Gerakan Ilmiah adalah suatu gerakan untuk mengstimulus Penelitian di Universitas Sriwijaya. BEM Universitas Sriwijaya akan bekerja sama dengan BEM tiap-tiap Fakultas untuk kemudian membentuk Tim Riset di Setiap Fakultas di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa. Tim Riset ini akan dibina dan kemudian akan melakukan Riset di bidang keilmuannya masing-masing. Out Put nya diharapkan Tim Riset bersama Badan Eksekutif Mahasiswa dapat membukukan menjadi karya nyata ataupun jurnal yang bermanfaat. Lebih essensial lagi diharapkan, ini menjadi starting point menuju suasana kampus yang ilmiah di bawah label Research University.
            Betapa pun spektakuler nya ini, hanya akan menjadi wacana jika tanpa dukungan rekan-rekan sekalian. Kita butuh Pemuda-pemuda yang berani untuk memulai ini. Karena kalau bukan kita siapa lagi ??? Maka kemudian kami mengundang dan mengajak rekan-rekan untuk bergabung dengan tim riset fakultas masing-masing dalam Persatuan Gerakan Ilmiah Universitas Sriwijaya, untuk suatu karya yang real, yang dirasakan manfaatnya. Untuk akselarasi kampus ilmiah. Untuk kemajuan kita bersama.
Hidup Mahasiswa . . . ! ! !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar